Sebagai turunan Bangka, bisa bikin pempek itu kudu. Biasanya bikin pempek kukus dan langsung makan tanpa digoreng lg.. tapi berhubung suami ga mungkin makan tanpa digoreng, jadi harus digoreng. Kalo saya lbh suka cuko ala Bangka yg lebih light ketimbang cuko Palembang.

pempek.jpg

Ini dia resep pempek versi mama saya :

Pempek :
600gr ikan tenggiri giling (tanpa tulang dan kulit)
400gr sagu tani
50 gr tepung terigu
Bawang putih bubuk
Garam
Air es (Campur aja semua sampe ulen trus dibentuk. Terus kukus deh pempeknya)

Cuko :
3 siung bawang putih
Cabe (sesuai selera)
Gula jawa
Asam jawa
Garam
Gula
Sedikit totole

Cara memasak :
Alusin cabe dan bawang.. trus rebus sama bahan lainnya sampe aga asat. Trus rasain deh sampe cocok di lidah. Soalnya kmrn jg sempet 3x tambah ini itu *maklum lgi pilek 😎

Ternyata buat pempek mudah yaa, emang capeknya aja sih luar biasa ngebentuk terus ngukus.. terus goreng, terus makan! HAHAHAHA.. Ketagihan bikin lagi tapi beli ikannya aja sih yang agak males karena kudu ke pasar hihii..

Advertisements

2 thoughts on “Pempek Bangka ala Mamake

  1. luar biasa nikmat itu ketika bisa bikin pempek sendiri, dengan uang yang sama bisa dapet pempek segambreng. hahaha

    bini gw nih walau bukan keturuan sana tapi syukurnya bisa bikin pempek sendiri. asoy geboy lah puas sepuas-puasnya.

    1. iya kak! secara sebiji itu 25 rb, beli 2 biji udah bisa dpt tenggiri setengah kilo wahahah. menang banyak lahhh..

      ampe udah melek bgt kan makan pempek terus hahah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s