Lucu ya sepatu bayinya? Everthing about baby is always cute, right? Pantes aja mamak-mamak suka pada kalap kalo belanja perlengkapan bayinya. Karena emang semuanya melambai-lambai minta dibawa ke rumah gitu. Hihihih! Walaupun saya belum punya baby, tapi saya semangat banget pengen ngebuat sepatu mereka yang unyu-unyu itu. Berbekal kekepoan di pinterest dan keyakinan yang tinggi akhirnya saya beraniin diri untuk buat.

Nah untuk ngebuat sepatu kaya gini kita cuma butuh 2 hal :

  1. Contoh Pola
    Browsing-browsing lah model sepatu yang dipengen, baru deh cari polanya. Untuk pemula kaya saya mah, cari yang paling mudah yaa.. Bukan level advance. Tapi ternyata gak gampang dapat pola sepatu bayi ini yang printable ukurannya. huhuhu.. Saya dapat 2 pola sepatu di atas di webnya The DIY Mommy dan Shwin and Shwin.
  2. Bahan-bahan
    Setelah dapat model yang dipengen barulah kita bisa beli bahan-bahannya. Bisa pakai kain flanel, kain kanvas, kain fleece bebas sih sesuai dengan keinginan. Untuk yang dekoratif kaya pita juga kudu disiapin kalau emang pengen modelnya ada pitanya. Saat ini sih saya belum pengen yang banyak dekorasinya hehehe, karena keterbatasan skill.

Lets go do the DIY!

Print deh pola yang udah kita dapet secara gratis. Kemudian gunting polanya, ikutin aja sesuai dengan yang diberi. Nah, itu kan dalam bentuk HVS yaa. Sekarang kita harus siapin kertas karton sebagai pola utama , alasannya karena kertas karton kan lebih keras jadi lebih kokoh dan tahan dari lipetan-lipetan jadi bisa dipake berkali kali.

Pola dari  thediymommy.com/

Nah setelah kita gunting polanya, coba deh dipasang-pasangin , kemarin sih saya coba pasang-pasangin jadi kaya beneran sepatunya, eh kok ukurannya jadinya gede banget ya untuk ukuran bayi indonesia. Akhirnya saya coba gunting-gunting lagi semua polanya sampe saya rasa udah pas dan sesuai sama kaki bayi kita. Baru deh saya jahit ujung-ujungnya dengan jenis jahitan boneka flanel, jadi bukan dijelujur. Tampak kan ya dari gambar rada-rada ada yang ga bener jahitannya. Heheheu!

Untuk setiap model, kita harus bikin polanya di kertas kartun. Untungnya untuk bayi ukruan sepatu cuma dibagi menjadi 2 : 0-6 bulan dan 6-12 bulan, atau kadang juga dibagi 3.. Bedanya mungkin cuma 1-2 cm doang di masing-masing usia. Gampang-gampang susah. Tapi yang pasti, puas banget pas jadi.. Karena LUCU! CUTE! Kalau mau alasnya agak keras, bisa ditambahin bahan sol sepatu bayi, biar ga pletat pletot. hihihihi… Nah liat deh foto di bawah, ini 2 DIY yang saya kerjain, bahkan untuk per itemnya cuma setengah hari juga selesai lohh… Buat yang penasaran sama awannya bisa dilihat di link  DIY Tutorial Awan Hujan.

DIY baby preparation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s